• 1

    -

  • 2

    -

  • 3

    -

  • 4

    -

Copyright 2015 - sonvidon.com

Sebagai salah satu komponen utama rumah, warna turut memengaruhi kualitas dan karakter kejiwaan penghuninya. Berani mencoba? Warna di sebuah hunian menjadi salah satu ornamen dari tatanan interior.

Unsur warna juga berevolusi melalui beraneka jenis tren, baik untuk warnawarna interior maupun eksterior. Tren warna rumah tinggal tersebut kini kian menunjukkan karakter penghuninya karena selain sebagai unsur estetis warna juga terbukti dapat menghadirkan mood yang diinginkan.

Pemilihan warna yang tepat untuk hunian dapat menciptakan karakter ruang yang tenang, tenteram, dan cerah. Hal ini karena warna bisa menjadi cerminan karakter penghuninya.

Eksplorasi suatu warna akan menciptakan kesan tertentu pada ruangan. ”Warna memiliki makna yang mendalam, baik terhadap psikologi seseorang maupun pada tampilan dan kesan yang ingin dihadirkan. Bahkan melalui kehadirannya, sebuah ruangan akan tampak luas maupun sempit. Karena itu, harus pandai-pandai memilih warna yang tepat sesuai karakteristik, usia penghuninya dan ruangan yang digunakan,” ungkap interior desainer Naning S Adiwoso.

Dulu warna rumah hanya putih atau abu-abu. Hampir 80% masyarakat menggunakan warna putih. Belakangan warna-warna tersebut memang masih digunakan, namun presentasinya menurun. Boleh jadi 50% masih menyukai warna putih, krem, atau abu-abu. Yang menonjol adalah warna putih kebiru-biruan atau brilliant white. Selebihnya sudah memakai warna pastel dan perlahan-lahan bertransisi ke arah warna-warna intermediate (menengah).

Warna cat dinding yang cerah seperti putih, hijau pupus atau krem akan merefleksikan cahaya lebih baik sehingga efek yang dihasilkan dari pencahayaan lebih maksimal. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan warna cat dengan warna hiasan dinding, pilihlah corak hiasan dengan warna senada atau lebih terang.Warna lemari dapat dibuat sama warna dinding sehingga kesannya lebih luas.

Anda dapat memadukan warna-warna kuat dan mandiri di ruang mana pun, bahkan di ruang makan yang akan tampak menawan. Warna merah memberi efek dramatis dan cocok diaplikasikan di seluruh atau salah satu bidang dindingnya. Ruang makan pun akan berkesan elegan dan gaya dengan paduan warna krem pada dinding lainnya. Paduan warna ini mencerminkan suasana modern dan hangat, serta menekankan kenyamanan.

“Merah yang dapat menciptakan mood dan ambian (suasana) yang sangat kuat ini biasanya dapat membuat suasana romantis dan oriental di ruang yang menggunakan warna tersebut. Warna merah pada ruang dapat membuat semangat orang yang ada di dalamnya. Apalagi bila digunakan di ruang makan, maka akan menambah selera makan,” ucap Naning.

Untuk menyeimbangkan atmosfer ruangan dari warnawarna kuat, gunakanlah furnitur dan aksesori dengan warnawarna natural yang lembut. Sentuhan warna alami pada pernak-pernik dan peralatan makan atau aksesori pembentuk di ruang ini akan memberi tampilan gaya tersendiri. Perpaduan warna senada pada seluruh bagian dan isi rumah akan menghasilkan keharmonisan, baik itu untuk peningkatan kualitas kesehatan rumah maupun penghuninya.

Pemilihan warna pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing ruang. Menurut Nirwono Yoga, arsitek yang meneruskan studinya sebagai master urban desain lanskap di Royal Melbourne Institute of Technology, Australia, warna dingin seperti gradasi hijau dan biru menciptakan efek menenangkan pada ruang kerja, ruang membaca, atau kamar tidur, sesuai untuk penghuni aktif yang perlu didinginkan.

”Sedangkan warna cerah gradasi kuning, oranye, dan merah menstimulasi beraktivitas dinamis pada ruang keluarga, ruang bermain, ruang tamu, dapur, teras, dan carport, sesuai untuk penghuni pasif yang perlu dirangsang. Warna ungu yang bersifat menenangkan,” kata arsitek lanskap yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI).

Warna ungu adalah monokromatik yang memberi kesan magis.Warna ini cocok untuk diterapkan di kamar tidur. Karena kesan yang akan ditimbulkan dari warna ini menjadi ruangan terasa lebih teduh dan membuat suasana menjadi tenang setelah Anda lelah beraktivitas seharian.

Sentuhan warna kuning kunyit dan putih dapat digunakan untuk memberi aksen kontras pada ruangan sehingga menghindari kesan gelap yang terlalu kuat. Aksen yang kontras dengan keseluruhan ruang menghadirkan keharmonisan dan mengikuti tren. Warna aksen bisa Anda padukan dari gorden, seprei,sarung bantal hingga furnitur yang digunakan.

Kuncinya, jangan takut untuk menerapkan berbagai warna pada hunian hingga Anda menemukan warna yang tepat dan sesuai dengan karakter Anda dan keluarga.

 

rumahjogja

 Short Cut Menu 

          

Katalog Warna

                       

Other Menu

          

f t g