• 1

    -

  • 2

    -

  • 3

    -

  • 4

    -

Copyright 2015 - sonvidon.com

MENGENAI atap untuk bangunan rumah kayu (gebyok kayu) seperti pertanyaan SS dari Dusun Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, dapat menggunakan tipe atap limasan atau tipe atap kampung/pelana. Tapi kombinasi antara atap kampung dan limasan tidak menguntungkan, karena tidak memiliki kekakuan yang sama pada arah kiri dan kanan, sehingga setelah terjadi gempa atap akan miring ke satu arah.

Hal yang sangat pokok untuk diperhatikan adalah bahwa kuda-kuda satu dan lainnya harus diikat dengan batang diagonal (schoor). Bentuk rangka kuda-kuda juga dapat dilihat pada tulisan saya edisi 11 Oktober. Kuda-kuda dengan bentangan < 8 m dan jarak antara kuda-kuda = 3 m dapat digunakan ukuran 6/12. Kaki kuda-kuda dijepit sedalam 6 cm oleh kolom 10/10 dan dipaku 4 buah.

Balok ring/ blandar ditumpu oleh kaki kuda-kuda dengan sistem takik sehingga antara blandar, kuda-kuda dan kolom saling terkunci. Antara blandar dan kolom diikat oleh schoor 2x2/8 atau 2x2/10, demikian pula antara kolom dan kuda-kuda. Bila antara kolom dan kuda-kuda dirasakan mengganggu estetika, maka paling sedikit antara kuda-kuda dan kolom sudut yang diberi schoor.

Setiap sambungan di antara batang kuda-kuda diberi plat besi yang diikat dengan bout berdiameter 12 mm pada masing-masing batang. Antara kuda-kuda satu dan lainnya diikat dengan batang diagonal 2x6/12 dua buah.

Bila bentangan kuda-kuda = 4 m maka schoor 2x2/10, sebagai pengganti 2x6/12, dapat diikatkan di antara batang vertikal kuda-kuda dan balok bubungan/nok.

Setiap sambungan batang-batang kayu harus berbentuk takik berkait. Kait itu sangat bermanfaat bila kayu tertarik sehingga kedua takik itu harus rapat, sedang bout 2 berdiameter 12 mm lebih berfungsi sebagai penahan geser lentur.

Perlu diingatkan bahwa pemakaian genteng dapat mencelakai penghuninya bila melorot dan jatuh di antara reng dan usuk saat terjadi gempa. Oleh karenanya perlu pengamanan, misalnya dipasang lembaran plastik di bawah usuk atau anyaman tali plastik di bawah usuk. Bisa juga dipasang plastik di bawah reng maupun plafon multipleks. Kalau sudah ada plafon fiber cement maka di atas rangka plafon dapat dipasang lembaran multipleks. q-m

 

kr.co.id

 Short Cut Menu 

          

Katalog Warna

                       

Other Menu

          

f t g