• 1

    -

  • 2

    -

  • 3

    -

  • 4

    -

Copyright 2015 - sonvidon.com

Seringkali ketika melakukan pengecatan ulang cat tembok lama timbul masalah daya lekat cat / adhesi cat baru dengan cat lama tidak sempurna. Cat baru tidak mau menempel dengan cat lama, cat tembok baru lepas kembali dari tembok dengan menarik cat lama yang ada.

Hal tersebut terjadi sebenarnya karena cat tembok baru tersebut menempel pada cat tembok lama yang kekuatan daya lekat terhadap tembok sudah melemah dimakan waktu ataupun karena terjadinya pengapuran. Untuk mengurangi resiko tersebut umumnya sebelum proses pengecatan biasanya sudah dilakukan pembersihan berupa pengerokan atau pengamplasan. Tetapi dengan cara pengerokan biasa ataupun pengamplasan sebenarnya tidak semua cat tembok lama yang daya lekatnya lemah tersebut dapat dikelupas. Untuk itu mengatasi hal tersebut, berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan pengelupasan cat tembok lama :

 

Penggunaan Paint Remover

Pengelupasan dapat menggunakan paint remover. Banyak merk paint remover yang dijual di toko-toko bangunan dari tingkat agresivitas rendah sampai tinggi. Penggunaan paint remover cukup dengan menguaskan cairan paint remover pada permukaan cat lama untuk selanjutnya segera setelah melepuh, cat dikerok dengan menggunakan kape. Setelah itu permukaan tembok dicuci untuk menetralkan dan menghilangkan sisa-sisa paint remover.

Pengelupasan cat tembok lama menggunakan paint remover harus extra hati-hati, mengingat cairan tersebut adalah cairan asam yang dapat merusak kulit atau dapat merusak cat baru yang dilapiskan ke tembok, apabila proses pembilasan tidak bersih.

Selain itu harga pengelupasan relatif mahal karena harga paint remover juga tidak murah untuk permeter persegi luasan tembok. Harus ada masa jeda untuk pengeringan sempurna setelah tembok dibilas dengan air bersih karena tembok menjadi lembab, sehingga proses aplikasi pengecatan menjadi lebih lama.

 

Penggunaan Thinner

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk pengelupasan cat tembok lama, adalah dengan menggunakan cairan thinner. Thinner yang baik yang digunakan dalam pengelupasan cat tembok lama adalah thinner epoxy. Thinner epoxy memiliki agresivitas yang baik. Selain thinner epoxy, dapat juga digunakan thinner ND.

 

Penggunaan thinner untuk mengelupas cat tembok lama, lebih aman dan lebih murah dan memiliki proses kerja yang jauh lebih sederhana. Cara kerjanya cukup dengan membalurkan thinner ke permukaan cat tembok lama dengan menggunakan kuas, dan dalam kondisi masih setengah basah cat tersebut dikerok menggunakan kape. Setelah dikerok untuk selanjutnya thinner mengering dan menguap. Dengan hanya melakukan pengamplasan dan pembersihan, tembok segera dapat dicat tanpa harus membilas dan menunggu tembok kering dari hasil bilasan air.

 

Pengelupasan dengan menggunakan thinner jauh lebih dianjurkan dari pada menggunakan paint remover.

 

Semoga bermanfaat.

 

ayo-mengecat.blogspot

 

 Short Cut Menu 

          

Katalog Warna

                       

Other Menu

          

f t g