• 1

    -

  • 2

    -

  • 3

    -

  • 4

    -

Copyright 2015 - sonvidon.com

Untuk sebagian orang mungkin sudah memahami bagaimana cara atau formula membuat cat tembok seperti cat tembok yang ada di pasaran. Selain itu, ternyata ada begitu banyak yang menawarkan formula cat tembok secara komersil. Jika anda mencari di google dan mengetikan keyword " formula cat tembok" mungkin anda mendapatkan 3-4 link yang menawarkan formula tersebut.

 

Untuk itu saya akan menyajikan secara garis besar formula dan bahan yang digunakan untuk membuat cat.

Pada umumnya cat terdiri dari 4 jenis bahan yang memiliki peran masing-masing. Antara lain

 

Resin

Resin berperan sebagai pengikat atau binder, yaitu bahan yang berfungsi untuk mengikat pigmen pada permukaan bidang. Resin ini bisa dikatakan berupa lem yang melekatkan campuran pewarna ke media yang akan di cat. Ada 2 jenis resin, yaitu resin alam yang terbuat dari getah pohon, dan resin sintetis atau buatan. Contoh resin alam yang kita kenal adalah cairan vernis yang digunakan sebagai bahan pelapis furnitur. Sedangkan yang termasuk resin sintetis adalah alkyd dan vinyl yang sering digunakan dalam formula cat.

 

Pigmen

pigmen merupakan substansi padat bubuk yang berfungsi sebagai pemberi warna dan menentukan daya tutup cat. Jenis, kadar, dan komposisi pigmen dalam larutan berpengaruh terhadap kualitas cat itu sendiri. Untuk cat dengan kandungan pigmen tinggi mengasilkan cat yang bermutu tinggi, dan cat dengan kandungan pigmen yang rendah akan mengahasilkan kualitas cat yang rendah. Sumber warna pigmen yang paling digunakan adalah pigmen putih (yang termahal) yang berasal dari unsur titanium oksida (tiO2).

 

Thinner

thinner atau tiner merupakan cairan yang berfungsi sebagai pelarut yang menyatukan pigmen dengan resin sehingga membentuk larutan yang sempurna. Ada 2 macam pelarut, yaitu pelarut air (waterbase) dan pelarut minyak (solven base). Contoh cat berbahan dasar air (waterbase) adalah cat tembok, cat lukis, dan beberapa cat genteng. Sedangkan cat berbahan dasar minyak (solven base) dapat diaplikasikan sebagai cat kayu, cat besi, cat mobil, dll. Pada cat yang kental menandakan persentase tiner yang tinggi pada larutan cat tersebut.

 

Zat Aditif

zat aditif ini bisa berupa ekstender dan atau film-formers. Ekstender merupakan pengisi ketebalan cat (filler) yang membuat cat tampak lebih tebal dan berisi. Adapun fungsi dari ekstender tersebut adalah sebagai fitur tambahan yang dapat membuat tampilan tembok menjadi lebih gilap dan daya tutup menjadi lebih baik. Pemakaian filler juga dimaksudkan untuk menekan biaya bahan produksi sehingga harga dapat terjangkau oleh masyarakat. Yang kedua adalah film-formers, yaitu lapisan yang memberikan efek gilap pada cat ( tampilan gloss). 

 

berbagai sumber

 Short Cut Menu 

          

Katalog Warna

                       

Other Menu

          

f t g